Khasiat Kayu Stigi Kayu Dewandaru dan Kayu Kalimasada

Pohon Kayu Stigi Karimunjawa
Pohon Kayu Stigi Karimunjawa

Kayu Stigi adalah salah satu jenis kayu langka bertuah yang memiliki energi alamiah yang kuat, energi yang kuat pada kayu stigi biasa disebut maharaja kayu bertuah. Kayu Stigi ada dua jenis yakni stigi darat serta Stigi laut yang dijadikan tasbih kayu stigi laut. Stigi dara tumbuhnya di daerah bukit dan pegunungan, kemudian kayu Stigi laut tumbuhnya di daerah pesisir laut yang berada di kepulauan.

ciri ciri tasbih kayu stigi asli Karimunjawa serta perbedaan kayu Stigi darat dibandingkan kayu Stigi laut terletak pada warna kayu Stigi itu. Kayu Setigi darat berwarna hitam gelap serta coklat tua, kemudian kayu Stigi laut berwarna cerah. Kelebihan kayu stigi asli ini akan tenggelam di air dalam ukuran kecil. harga kayu stigi juga cukup murah jika dibandingkan dengan manfaatnya

Kayu Stigi di daerah kepulauan Karimunjawa memang masih ada tetapi tidak semua orang berani membawanya keluar pulau. Kayu Setigi memiliki sifat dasar tenggelam dan kapal yang membawa kayu stigi itu biasanya akan tenggelam, cerita ini sudah banyak diketahui banyak orang sejak dulu dan banyak saksinya. harga tasbih kayu stigi umumnya cukup terjangkau

Kayu bertuah ini dulu biasa digunakan oleh bangsawan dan  di manfaatkan untuk menjaga keselamatan. Khasiat Kayu Stigi ini juga telah banyak dimanfaatkan oleh ahli pengobatan alternatif sebagai media pengobatan, salah satunya adalah untuk mengobati racun hewan berbisa serta pemgobatan berbagai penyakit lainnya.

Manfaat lainnya dari gelang kayu stigi asli ini dapat menambah kewibawaan serta kharisma. Kayu setigi memiliki tekstur keras dan berserat kasar yang dipercaya terpengaruh energi alamiah yang ada pada kayu setigi itu. Sekarang ini para pengrajin yang ada di kepulauan Karimunjawa mengemasnya dalam bentuk souvenir gelang kayu stigi, tasbih kayu stigi asli, kalung kayu stigi dan masih banyak lagi.

Kayu Dewadaru merupakan jenis kayu bertuah yang paling keramat, pada dunia perdagangan kayu dewadaru dipercaya bisa menjadi media pelarisan. Hampir sama dengan kayu setigi kalung kayu dewadaru asli tidak bisa dengan mudah dibawa keluar Karimunjawa dengan mudah sebab mempunyai sifat tenggelam. Kayu dewadaru ini banyak dipercaya akan mendatangkan badai laut. Ada cara khusus untuk membawa kayu tersebut keluar pulau agar terhindar dari musibah serta bisa melakukan jual beli tasbih kayu stigi

Kayu dewadaru merupakan jenis kayu bertuah yang memiliki banyak khasia dianataranya memperlancar rizki, untuk media pengobatan dan lainnya. Energi kayu dewadaru juga dipercaya memiliki pancaran kuat untuk media pengasihan, menambah kharisma, serta menangkal serangan gaib.

Masyarakat pada wiliyah kepulauan Karimunjawa percaya bahwa kayu dewadaru karimunjawa itu berasal dari tongkat yang dibawa oleh Sunan Nyamplungan yang merupakan putra dari Sunan Muria. Banyak sekali beragam kepercayaan  dengan kayu bertuah dewadaru, kayu dewadaru sudah banyak terbukti memiliki banyak keistimewaan secara alamiah.

Selain kayu bertuah Setigi dan juga dewadaru, kayu dewadaru karimunjawa juga memiliki banyak khasiat berat kayu ini lebih ringan jika dibandingkan dengan dua kayu tadi. Kayu kalimasada yang pada umumnya berwarna coklat tua kehitaman ini mempunyai energi alamiah yang kuat, dan warga dikepulauan Karimunjawa biasanya menggabungkan ketiga jenis kayu tersebut menjadi gelang setigi dewadaru kalimasada dengan alasan dan makna yang kuat.

Pohon kayu kalimasada karimunjawa biasanya dapat bereaksi dengan alam secara cepat dan akan cepat tumbuh besar. Kata kalimasada sebenarnay mempunyai arti Kalimat Syahadat. Kayu Kalimasada sering digunakan dengan sebagai bahan utama pembuatan tasbih. Kayu kalimasada juga telah dipakai sebagai sarana pendekatkan diri pada yang Maha Kuasa oleh para ulama zaman dulu.

khasiat kayu kalimasada juga sering pakai untuk media berdzikir, menambah kepekaan batin, dan lainnya. Fungsi utama dari khasiat kayu kalimasada tersebut adalah untuk sarana spiritualitas dan juga untuk menambah rasa percaya diri, menambah kecerdasan dan masih banyak lagi.

Hal yang paling penting dari tiga kayu yang dianggap bertuah tadi adalah hanya sebuah sugesti dimana tidak semua orang dapat merasakan keistimewaan dari kayu tersebut, ada yang cocok dan juga ada yang tidak cocok.

Pemesanan Bisa Melalui Bukalapak, Tokopedia, dan Website
Bukalapak: bukalapak.com/u/siamshop
Tokopedia: tokopedia.com/siamonlineshop
Shopee: shopee.co.id/id.siamonlineshop
Website: kayustigi.web.id